Pengertian Peroksisom Adalah

Mengenal Peroksisom - Sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian sel. Sel merupakan bagian terkecil dari suatu makhluk hidup. Dan peroksisom itu sendiri merupakan struktur yang terdapat di dalam sel.

gambar peroksisom - gambar peroksisom

Peroksisom memiliki ukuran yang mirip dengan lisosom. Ia juga terdapat di dalam semua sel eukariota. Organel ini memiliki nama demikian karena umumnya mengandung satu atau lebih enzim yang ikut bekerja dalam reaksi oksidasi serta menghasilkan hidrogen peroksida (H2O2).Itulah alasan namanya peroksiom. Hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang beracun. Namun, di dalam peroksisom ini, senyawa tersebut malah digunakan untuk reaksi oksidasi lain maupun untuk diuraikan dan berubah menjadi air serta oksigen.

Salah satu tugas peroksisom yaitu untuk mengoksidasi asam lemak panjang menjadi asam lemak yang lebih pendek. Asam lemak pendek tersebut kemudian dibawa ke dalam mitokondria dan selanjutnya akan di oksidasi sempurna.

Peroksisom pada hati dan ginjal juga mampu mendetoksifikasi. Ini artinya ia mampu berfungsi sebagai anti racun. Peroksisom pada biji tumbuhan juga memiliki peran yang penting. Ia mampu mengubah cadangan lemak pada biji sehingga menjadi karbohidrat yang dapat digunakan dalam perkecambahan.

Sekian artikel yang bisa aku tulis. Semoga pengetian dan fungsi peroksisom dapat bermanfaat. Besok kita bahas materi biologi yang lainnya.

Pengertian Peroksisom Adalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aris Setiono