Pengertian Lumut Adalah

Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil dan termasuk kedalam jenis Bryophytina (dari bahasa Yunani bryum, "lumut").

Lumut sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik namun belum memiliki akar dan daun sejati. Kelompok tumbuhan ini juga belum memiliki pembuluh sejati. Alih-alih akar, organ penyerap haranya adalah rizoid (harafiah: "serupa akar"). Daun tumbuhan lumut dapat berfotosintesis. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor, yang tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. Ini terjadi karena tumbuhan lumut berukuran kecil tetapi membentuk koloni yang dapat menjangkau area yang luas. Jaringan tumbuhan yang mati menjadi sumber hara bagi tumbuhan lumut lain dan tumbuhan yang lainnya.


Dalam bahasa sehari-hari, istilah "lumut" dapat merujuk pada beberapa divisio. Klasifikasi lama pun menggabungkan pula lumut hati dan lumut tanduk ke dalam Bryophyta, sehingga di dalam Bryophyta terangkum lumut tanduk, lumut hati, dan lumut sejati (Musci). Namun, perkembangan dalam taksonomi tumbuhan menunjukkan bahwa penggabungan ini parafiletik, sehingga diputuskan untuk memisahkan lumut hati dan lumut tanduk ke luar dari Bryophyta. Di dunia terdapat sekitar 4.000 spesies tumbuhan lumut (termasuk lumut hati), 3.000 di antaranya tumbuh di Indonesia[1]. Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat memiliki "taman lumut" yang mengoleksi berbagai tumbuhan lumut dan lumut hati dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia.

Hornworts, dan lumut hati. lumut mungkin dangkal terlihat seperti lumut, dan memiliki nama-nama umum yang mencakup kata "lumut" (misalnya, "rusa lumut" atau "Islandia lumut"), tetapi tidak terkait dengan lumut. 3 Mosses, hornworts, dan lumut hati secara kolektif disebut "bryophytes". Bryophytes berbagi sifat tidak memiliki jaringan pembuluh darah dan memproduksi spora bukannya bunga dan biji. Bryophytes memiliki generasi gametofit haploid sebagai fase dominan dari siklus hidup. Ini berbeda dengan pola di semua tumbuhan vaskular (tumbuhan berbiji dan pteridophytes), di mana generasi sporofit diploid dominan.

Lumut dalam filum (divisi) Bryophyta, yang sebelumnya juga termasuk hornworts dan lumut hati. Kedua kelompok lain bryophytes sekarang ditempatkan di divisi mereka sendiri. Ada sekitar 12.000 spesies lumut diklasifikasikan dalam Bryophyta.

Penggunaan komersial utama lumut adalah untuk tujuan dekoratif, seperti di taman-taman dan dalam perdagangan bunga. Penggunaan tradisional dari lumut termasuk sebagai isolasi dan untuk kemampuan untuk menyerap cairan hingga 20 kali berat badan mereka.

Botanikal, lumut adalah tanaman non-vaskular di divisi tanaman tanah Bryophyta. Mereka kecil (beberapa sentimeter) herba (non-kayu) tanaman yang menyerap air dan nutrisi terutama melalui daun mereka dan panen karbon dioksida dan sinar matahari untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis. Mereka berbeda dari tumbuhan vaskular di kurang air-bantalan tracheids xilem atau pembuluh. Seperti di lumut hati dan hornworts, generasi gametofit haploid adalah fase dominan dari siklus hidup. Ini berbeda dengan pola di semua tumbuhan vaskular (tumbuhan berbiji dan pteridophytes), di mana generasi sporofit diploid dominan. Lumut mereproduksi menggunakan spora, tidak biji dan tidak memiliki bunga.

Lumut gametophytes memiliki batang yang mungkin sederhana atau bercabang dan tegak atau bersujud. Daunnya sederhana, biasanya hanya satu lapisan sel tanpa spasi udara internal, sering dengan midribs tebal. Mereka tidak memiliki akar yang tepat, tetapi memiliki rhizoids benang yang jangkar mereka untuk substrat mereka. Lumut tidak menyerap air atau nutrisi dari substrat mereka melalui rhizoids mereka. Mereka dapat dibedakan dari lumut hati (lumut hati atau Hepaticae) oleh rhizoids multi-selular mereka. Kapsul spora-bantalan atau sporangia dari lumut ditanggung sendiri-sendiri pada panjang, bercabang batang, sehingga membedakan mereka dari polysporangiophytes, yang mencakup semua tumbuhan vaskular. Spora-bantalan sporofit (yaitu generasi multiseluler diploid) berumur pendek dan tergantung pada gametofit untuk suplai air dan nutrisi. Juga, di sebagian besar lumut, kapsul spora-bantalan membesar dan jatuh tempo setelah tangkai yang memanjang, sementara di lumut hati kapsul membesar dan matang sebelum tangkai yang memanjang. Perbedaan lainnya tidak universal untuk semua lumut dan semua lumut hati, tapi kehadiran dari jelas dibedakan batang dengan daun sederhana berbentuk, bergaris, tanpa sangat lobed atau tersegmentasi daun dan tidak diatur dalam tiga peringkat, semua titik ke pabrik menjadi lumut.

Pengertian Lumut Adalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aris Setiono